Kamis, 14 Juli 2011

DASAR-DASAR PEMODELAN BERORIENTASI OBJEK


1. PENDAHULUAN
Analisis dan disain berorientasi objek adalah cara baru dalam
memikirkan suatu masalah dengan menggunakan model yang dibuat
menurut konsep sekitar dunia nyata. Dasar pembuatan adalah objek,
yang merupakan kombinasi antara struktur data dan perilaku dalam
satu entitas.
Pengertian "berorientasi objek" berarti bahwa kita mengorganisasi
perangkat lunak sebagai kumpulan dari objek tertentu yang memiliki
struktur data dan perilakunya.
1.1. Karakteristik dari Objek
Objek
>> Identitas berarti bahwa data diukur mempunyai nilai tertentu yang
membedakan entitas disebut Objek.
>> Objek dapat kongkrit, seperti halnya arsip dalam sistem, atau
konseptual seperti kebijakan penjadualan dalam multiprocessing
pada sistem operasi.

>Setiap objek mempunyai sifat yang melekat pada identitasnya.
>Dua objek dapat berbeda walaupun bila semua nilai atributnya
identik.
Mobil           Singa
NoPeg        Nama
96001         Susan
96002         David
97001         Shila
Tabel

Kelas Objek
>>Kelas merupakan gambaran sekumpulan Objek yang terbagi
dalam atribut, operasi, metode, hubungan, dan makna yang
sama.
>> Suatu kegiatan mengumpulkan data (atribut) dan perilaku
(operasi) yang mempunyai struktur data sama ke dalam satu grup.
>> Kelas Objek merupakan wadah bagi Objek. Dapat digunakan
untuk menciptakan Objek.
>> Objek mewakili fakta/keterangan dari sebuah kelas.

Objek Poligon Kelas Poligon
Atribut
titik sudut
batas
warna
Operasi
gambar
hapus
translasi

Istilah-istilah Objek
>> Atribut : Data item yang menegaskan Objek
>> Operasi : Fungsi di dalam kelas yang dikombinasikan ke bentuk
tingkah laku kelas
>>  Metode : Pelaksanaan prosedur (badan dari kode yang
mengeksekusi respon terhadap permintaan objek lain di
dalam sistem).

1.2. Karakteritik Metodologi Berorientasi Objek
Metodologi pengembangan sistem berorientasi objek mempunyai tiga
karakteristik utama :
Encapsulation
Inheritance
Polymorphism


A. ENCAPSULATION (PENGKAPSULAN)
>> Encapsulation merupakan dasar untuk pembatasan ruang lingkup
program terhadap data yang diproses.
>> Data dan prosedur atau fungsi dikemas bersama-sama dalam
suatu objek, sehingga prosedur atau fungsi lain dari luar tidak
dapat mengaksesnya.
>> Data terlindung dari prosedur atau objek lain, kecuali prosedur
yang berada dalam objek itu sendiri.

B. INHERITANCE (PEWARISAN)
>>Inheritance adalah teknik yang menyatakan bahwa anak dari objek
akan mewarisi data/atribut dan metode dari induknya langsung.
Atribut dan metode dari objek dari objek induk diturunkan kepada
anak objek, demikian seterusnya.

>> Inheritance mempunyai arti bahwa atribut dan operasi yang dimiliki
bersama di anatara kelas yang mempunyai hubungan secara
hirarki.

>> Suatu kelas dapat ditentukan secara umum, kemudian ditentukan
spesifik menjadi subkelas. Setiap subkelas mempunyai hubungan
atau mewarisi semua sifat yang dimiliki oleh kelas induknya, dan
ditambah dengan sifat unik yang dimilikinya.

>>Kelas Objek dapat didefinisikan atribut dan service dari kelas
Objek lainnya.
  Inheritance menggambarkan generalisasi sebuah kelas
Contoh :
- Sedan dan Sepeda Motor adalah subkelas dari Kendaraan
Bermotor.
- Kedua subkelas mewarisi sifat yang dimiliki oleh Kendaraan
Bermotor, yaitu mempunyai mesin dan dapat berjalan.
- Kedua subkelas mempunyai sifat masing-masing yang
berbeda, misalnya jumlah roda, dan kemampuan untuk berjalan
mundur yang tidak dimiliki oleh sepeda motor.

C. POLYMORPHISM (POLIMORFISME)
>>>> Polimorfisme yaitu konsep yang menyatakan bahwa seuatu yang
sama dapat mempunyai bentuk dan perilaku berbeda.
>>>> Polimorfisme mempunyai arti bahwa operasi yang sama mungkin
mempunyai perbedaan dalam kelas yang berbeda.
Analisis dan Perancangan Sistem Halaman 4
>>>> Kemampuan objek-objek yang berbeda untuk melakukan metode
yang pantas dalam merespon message yang sama.
>>>> Seleksi dari metode yang sesuai bergantung pada kelas yang
seharusnya menciptakan Objek.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar